Pebiliar Hekta Ahmad Bidik Emas SEAG 2011

PALEMBANG--MI: Atlet biliar Sumatra Selatan Hekta Ahmad mengusung target meraih medali emas pada SEA Games (SEAG) XXVI tahun 2011 di Indonesia.

"Saya sudah beberapa kali mengikuti SEA Games tapi belum pernah meraih emas. Saya benar-benar berharap pada pesta olahraga tingkat Asia Tenggara itu nanti dapat menyumbangkan emas," kata Hekta di Palembang, Sabtu (4/9).

Dia mengungkapkan, keinginan itu memuncak karena cabang olahraga biliar akan dipertandingan di tanah kelahirannya yakni Kota Palembang, Sumatra Selatan. "Saya ingin membawa nama daerah di SEA Games nanti, sehingga masyarakat bangga bahwa Sumsel tidak hanya berpastisipasi sebagai penyelenggara, tapi atletnya juga dapat menyumbangkan medali," ujar dia.

Di kancah nasional, kepiawaian Hekta di nomor english dan snoker sudah diakui, karena kerap kali meraih medali di kejurnas hingga Pekan Olahraga Nasional. Bahkan, dia terpilih sebagai salah satu dari empat atlet nomor english masuk dalam Program Indonesia Emas (Prima) untuk persiapan menghadapi SEA Games (SEAG) mendatang.

Namun, untuk memastikan tiket berlaga di SEAG, Hekta harus berjuang menyingkirkan dua atlet lainnya saat menjalani pelatihan nasional di Jakarta pada Oktober 2010. "Target awal saya, lulus seleksi SEA Games dulu. Jika sudah masuk, saya optimis dapat meraih medali," ujar dia.

Hekta telah menyumbangkan tiga medali emas pada kejuaraan nasional tahun 2005, 2007 dan 2009. Kemudian, meraih medali perak di kejurnas 2006 serta mengkoleksi beberapa medali sejak PON tahun 2004 hingga PON tahun 2008.

Sementara itu, kiprah Hekta di tingkat internasional belum segemilang di negeri sendiri. Dia hanya mampu berada di urutan delapan kejuaraan dunia India Open. Begitu pula saat mengikuti SEA Games di Laos tahun 2009 lalu.

"Memang saya belum menorehkan prestasi luar biasa di ajang tingkat internsional, tapi saya akan berjuang optimal jika masuk tim SEA Games nanti," ucap dia.

Indonesia terakhir kali memperoleh medali emas pada SEA Games tahun 2007 di Thailand pada nomor pool putra dan putri. Sedangkan di Laos hanya mampu merebut tiga medali perak dan dua perunggu.

"SEA Games 2011 nanti kita tuan rumah, medali emas itu harus direbut kembali. Saya akan berusaha memberikan yang terbaik untuk Indonesia," ujar dia.

Sementara itu, pelatih biliar Sumsel Husein Adhan menyatakan, peluang Sumsel untuk mewakilkan atlet pada SEA Games nanti cukup besar, mengingat selain Hekta terdapat Herlin yang juga dipanggil mengikuti pelatnas.

"Dari empat atlet yang mengikuti pelatnas khusus di nomor english, kita mendominasi. Hekta dan Herlin merupakan atlet Sumsel sedangkan dua lagi, Bambang dari Bali dan Adi Braja dari Banten. Saya yakin setidaknya satu atlet kita akan lolos," kata Husein. (Ant/OL-2)

0 comments:

Post a Comment

top